Sabtu, 04 Februari 2012

13 MANFAAT KORAN BEKAS

Share this history on :



Permisi gan, ane pengen bagi2 info dikit nih. mudah2an berkenan dan bermanfaat


Langsung aja gan...

1. Media informasi, berita juga cerita
    Koran daluwarsa bukan berarti tidak berguna. Koran ini dapat dicari atau dibaca ulang untuk konfirmasi suatu berita atau informasi. Dapat pula didokumentasikan dalam bentuk kliping, sehingga anak-anak sekolah tidak bingung saat mendapat tugas kliping berita.

2. Memerahkan Buah Tomat
    Koran daluwarsa dapat digunakan untuk memerahkan buah tomat yang masih berwarna hijau atau orange, sekaligus juga membuatnya menjadi lebih empuk. Maksudnya agar lebih mantap dipandang mata, juga saat disantap. Caranya cukup membungkus tomat yang ‘kurang beradab’ itu dengan kertas koran. Dan setelah beberapa saat, tomat yang ‘kurang beradab’ itu menjadi ‘lebih beradab’, siap agan nikmati.

3. Alat serba guna
    Sebelum agan membuang, Koran daluwarsa ini dapat dimanfaatkan sebagai alas serba guna. Dapat sebagai alas sangkar burung, tempat menyimpan panci, alas baju di lemari, dan alas-alas lainnya. Tergantung kreatifitas agan2 semua.

4. Membersihkan kaca
    Saat membersihkan kaca, Koran daluwarsa dapat digunakan untuk menyeka air sabun / air pembersih yang telah agan semprotkan ke kaca. Kertas Koran tidak terlalu menyerap air, maka saat membersihkan kaca, air pembersih jangan disiramkan, namun pakailah semprotan. asal jangan digunakan untuk membersihkan kaca(monitor) laptop dan TV gan..

5. Media penyimpan keramik
    Ini biasnya pas agan2 mau pindahan rumah, bila agan memiliki keramik atau barang pecah belah, agan dapat memakai Koran daluwarsa ini sebagai pembungkus atau pengisi jeda antara keramik satu dengan lainnya, agar tidak langsung bersenggolan.

6. Tatakan meja makan
    Bila agan sedang makan makanan yang mau tidak mau menyebabkan agan harus menyiapkan tempat khusus untuk tempat ampas makanan, misalnya saat anda makan seafood di rumah, seperti kepiting, lobster dll. Agan akan sangat bersyukur bila meja makan agan beri tatakan koran terlebih dahulu. Dengan demikian, cipratan bumbu, ampas makanan, dll yang mungkin terjadi dlam proses agan menikmati seafood tersebut, dapat langsung agan buang segera setelah agan selesai makan.
Buat agan2 yang udah punya anak terutama anak2 SD biasanya banyak prakarya nah koran kadaluarsa bisa dijadikan sebagai alas tempat anak2 membuat prakarya jadi meja agan2 semua selamat deh..

7. Pembungkus buku atau kado.
    Dalam suasana pengiritan seperti ini (kaya iklan operator seluler), koran kadaluarsa juga bisa dijadikan pembungkus kado gan..asal jangan isi kadonya koran kadaluarsa gan... Kado agan akan tampak ‘unik’. Jangan takut dengan anggapan orang lain bahwa memberikan kado harus dibungkus kertas kado. Bagaimanapun juga, kado yang bernilai adalah isinya. Bukan bungkusnya. Jadi don’t judge the kado by the bungkusnya. Ok …

8. Sebagai tambahan komposter
    Buat agan2 yang suka bercocok tanam, Koran daluwarsa dapat dimanfaatkan sebagai penambah media kering dalam komposter, sehingga kompos yang dihasilkan akan menjadi lebih baik.


9. Sebagai sarana penahan laju pertumbuhan rumput
    Ini mungkin sebagai jalan keluar alternatif buat agan2 semua yang bermasalah dengan rumput dirumahnya.Letakkan Koran ini diantara tanaman agan, Koran ini akan berfungsi sebagai penahan pertumbuhan rumput liar.

10. Peralatan pendukung pada mobil
    Beberapa koran daluwarsa dapat anda simpan dalam mobil agan. Akan bermanfaat menjadi alas saat agan terpaksa harus melongok ke kolong mobil (mungkin agan ingin melihat kondisi knalpot mobil agan). Atau saat dating musim penghujan, agan dapat manfaatkan Koran ini sebagai alas kaki agan, agar kotoran tanah yang melekat pada sepatu agan tidak melekat pada karpet mobil agan. Atau bahkan bila ada salah satu roda mobil agan yang terperosok dalam Lumpur, agan dapat gunakan Koran sebagai media pembantu traksi roda mobil agar dapat berjalan kembali.

11. Menambah pendapatan
    Koran daluwarsa yang melimpah ruah dirumah kita dapat pula menjadi penambah pendapatan kita. Caranya, cukup kita kumpulkan semuanya dan kita bawa ke penjualan barang bekas. Lumayan kan, kalo sekilonya ‘berapa’ kalo sekian kilo juga udah berapa.
Khusus untuk yang ini, ane juga sering ngelakuinnya gan..terutama pas tanggal tua kiriman belum dateng

12. Media penghiang bau
    Bila agan memiliki sepatu yang berbau “agak menganggu’, apalagi sepatu boot yang berbau, masukkan Koran daluwarsa ke dalam sepatu untuk menghilangkan baunya. Kalo yang ini ane belum pernah coba gan, soalnya sepatu ane ga bau..tp klo ada yang berrhasil dengan tips ini kasih tau ya gan... 

13. Box sound System
    Buat agan2 yang punya bisnis daur ulang mungkin ini bisa jadi alternatif bisnis yang lain. Koran kadaluarsa bisa juga dijadikan sebagai bahan box untuk sound system gan..(untuk hal ini ane pernah coba karena Tugas akhir ane bikin box sound system dari daur ulang kertas gan..) tentunya dengan komposisi yang sudah dihitung terlebih dahulu agar dapat meredam suara dan tahan banting

Selain manfaat-manfaat diatas, masih banyak manfaat dari penggunaan kembali koran kadaluarsa gan, dan yang paling penting kita ikut partisipasi dalam menjaga lingkungan dengan memanfaatkan koran kadaluarsa gan

Mudah2an info ini bisa bermanfaat buat agan2 semua..

0 komentar:

Posting Komentar